Senin, 15 Agustus 2011

Dua Kawanan Gajah Obrak-abrik Kebun Sawit

Senin, 8 Agustus 2011 09:04

REDELONG - Dua kawanan gajah liar mengobrak-abrik kebun kelapa sawit warga Kampung Negeri Antara, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah. Bahkan kawanan gajah liar itu juga menggasak kebun kacang dan pohon pinus yang baru ditanami warga sejak sebulan terakhir.

Seorang Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Kampung Negeri Antara, Anshari, Minggu (7/8) mengatakan, dua kawanan gajah liar itu menumbangkan dan memakan pohon-pohon sawit yang masih berusia setahun hingga dua tahun di kawasan tersebut.

Jarak perkebunan sawit dengan pemukiman penduduk hanya sekitar satu kilometer. “Lebih dari 20 hektare lahan kepala sawit di Kampung Negeri Antara digasak hewan liar tersebut,” katanya.

Dari pemantauan sejumlah warga, gajah yang masuk perkebunan warga itu terdiri dari dua kelompok. Kelompok pertama berjumlah 22 ekor yang biasanya berada di hutan Sayeung, yang berbatasan dengan Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireuen.

Sementara satu kelompok lagi berjumlah 11 ekor sering berada di hutan Kampung Negeri Antara, Kecamatan Bener Meriah yang berbatasan dengan Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen. “Dua kawanan gajah tersebut tidak saja menggasak tanaman pada malam hari, namun juga mengganggu tanaman pada siang harinya, tanpa takut kedatangan warga,” ujar Anshari.

Pada malam hari, suara gajah-gajah tersebut terdengar masyarakat setempat, namun warga tidak mampu mengusirnya. “Saya takut gajah-gajah itu akan merusak rumah-rumah penduduk Kampung Negeri Antara,” ujar Anshari yang sudah enam tahun bertugas sebagai tenaga honorer PPL di Kecamatan Pintu Rime Gayo.(min)

Sumber Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar